Tidak Hanya Pengguna, NU Harus Jadi Pencipta Teknologi

Tidak Hanya Pengguna, NU Harus Jadi Pencipta Teknologi
AswajaNUsantara - Ketua Lembaga Ta’lif Wal Nasyr Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Hari Usmayadi, pada Ngaji Teknologi yang digelar di ruang Perpustakaan PBNU, di gedung PBNU lantai 2, Jakarta, pada Rabu (28/3) menyebut Indonesia sedang banjir startup.

Banyaknya aplikasi yang memenuhi dunia digital Indonesia membuat masyarakat dan NU, khususnya, menjadi terdampak teknologi. Sekira 50 persen dari 250 juta lebih bangsa Indonesia sudah mengakses internet.

“Tapi sekali lagi kita lebih banyak sebagai konsumennya,” katanya.

NU, menurut Cak Usma, sapaan akrabnya, harus terlibat di dalam kemajuan teknologi itu. Tidak saja sebagai pengguna atau konsumen saja, tetapi juga harus aktif sebagai pencipta.

“NU secara kultural jangan hanya sebagai konsumen, dan bagaimana struktural itu mengarahkan,” ujarnya.

Secara teknis, harus dibuat tim khusus guna meneliti agar ditemukan langkah-langkah konkret dalam menghadapi pesatnya kemajuan teknologi ini. Meskipun demikian, NU tidak boleh terjebak dalam prosesnya karena meninggalkan masalah lainnya.

Artinya, selain NU harus menindaklanjuti untuk mencapai ketertinggalan yang sudah sedemikian jauh itu, juga harus tetap mengawal anak bangsa yang masih kerap kali mengambil sisi-sisi negatif dari perkembangan teknologi.

NU Harus memberikan informasi ketertinggalan melalui media-media secara periodik. Cak Usma menyebutnya warning. Lalu, membuat gerakan baru agar ditindaklanjuti.

“Perlu dibuat bola salju berikutnya yang nanti kita tindak lanjuti,” ungkapnya.

Melihat hal tersebut, salah satu tantangan NU ke depan, menurut Cak Usma, adalah mengonsolidasi potensi NU untuk membangun peradaban teknologi sebagai energi untuk peradaban berikutnya.

Selain Cak Usma, hadir juga Wakil Sekretaris Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (LBMNU) Mahbub Ma’afi, Sejarahwan Yul Amrozy, dan Praktisi Teknologi Elwin Andririanto. (Syakir NF/Abdullah Alawi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tidak Hanya Pengguna, NU Harus Jadi Pencipta Teknologi"

Posting Komentar